Mencari Perihal Kedudukan Perempuan dalam Islam

Koleksi Buku Sanubari

Aku punya cerita tentang kabar baik beberapa bulan yang lalu aku mencari rekomendasi buku tentang perempuan. Amat terasa resah waktu itu, karena butuh pandangan tentang perempuan dalam Islam, terlebih yang ada kaitannya dengan biduk rumah tangga. Yaa gituu dehh, pengen belajar karena tahu tentang pedoman dalam agama yang kita anut juga penting, supaya tahu baiknya yang seperti apa.

Scroll-scroll Instagram story dan ketemu postingan mbak Aji Nur Apik, dalam rekomendasi buku Pra Nikah ada yang pertama “Kedudukan Perempuan dalam Islam” sontak aku langsung mencarinya di beberapa bookstore online Islam” susah juga yaa menemukannya.

Buku yang aku miliki terbitan lawas, juga termasuk buku yang tipis hanya 103 halaman, tapi pengetahuannya sangat luas. Waktu awal-awal unboxing bukunya, aku sempat was-was “inii benerann setipis ini” gumamku.

Hmmm.. Setelah baca, aku menghasilkan banyak tempelan penanda di halaman-halaman yang menyimpan point penting. Ngga nyangka bangett 😱

Udah ahh yaa lanjut bahas garis besarnya.

Sambil cerita tipis-tipis.. jadi tuhh di buku ini diceritakan bahwa pada jaman jahiliyah dulu keberadaan perempuan tidak dihargai, setiap melahirkan anak perempuan mereka malu, akhirnya ada yang rela membunuh bayinya, misal dibesarkan pun anak perempuannya tidak diperbolehkan kemana -mana, dan mengerjakan pekerjaan rumah layaknya seorang budak. Nah, saat Rasulullah menyebarkan agama, terlihat bahwa Rasulullah sangat menyayangi putri-putrinya dari perlakuannya.

“Sekuntum bunga harum semerbak, kita cium. Dan rezekinya sudah dijamin oleh Allah”

Adakah yang lebih romantis???

Betapa istimewanya kedudukan perempuan dalam Islam. Jadi, engga ekstrem seperti postingan-postingan di sosial media yang ngebahas tentang perempuan itu sumber fitnah “laki-laki melakukan perkara haram disebabkan perempuan, lupa agama karena perempuan, rela membunuh dan bermusuhan karena perempuan.” Kesannya kesalahan dialihkan ke perempuan.

Dalam buku ini juga diceritakan tentang kedudukan perempuan dalam Islam yang sangat mulia dan berbeda dengan anggapan sebagian besar orang yang mengatakan bahwa Islam mengekang perempuan.
Kesamaan tugas antara laki-laki dan perempuan, tentunya ada kewajiban juga yang disematkan kepada perempuan, perihal kemuliaan perempuan yang melebihi bidadari, hal wasiat yang ditinggalkan untuk perempuan, hal hak milik perempuan, perihal pertengkaran dalam rumah tangga, perihal poligami yang mana perempuan boleh mengemukakan syarat bahwa suaminya tidak boleh mempermadukannya dengan perempuan lain.

Diceritakan juga di dalam buku ini kalau ada beberapa bacaan di Al-Qur’an tentang perempuan. Qs. An-Nisa banyak ayat yang mengistimewakan sebutan kaum perempuan, Qs. Maryam apabila ini dibaca terbayanglah kesucian seorang dara yang saleh dan hidup zuhud, Qs. An-Naml dikisahkan tentang Ratu di negeri Saba’ yaitu Ratu Bulqis diterangkan bagaimana wibawa wanita yang agung itu memerintah, Qs. An Nur menerangkan adab wanita dalam rumah tangga, Qs. Al Ahzab menguraikan hal kesopanan dan sikap hidup, Qs. Al-Baqarah mengenai hal rumah tangga.

Lalu, tertulis juga tentang sikap memuliakan dan taat kepada Ibu lewat kisah seorang muslim yang taat dan sedang sakit keras tapi tidak kunjung meninggal. Ehh ternyata ada hal yang diluar dugaan kita yaa, dia memiliki kesalahan kepada ibunya dan sang ibu tidak juga memaafkan. Kemudian Rasulullah berkata bahwa anak itu akan dibakar saja karena masa sakitnya yang sudah lama, mendengar hal itu sang Ibu langsung memaafkan sang anak. Setelah itu sang anak langsung meninggal dengan ucapan memuji Allah. Takjubbbb! Masya Allah aku bacanya 🥺

Setelah baca buku inii, jadinya tahu beberapa hal yang sebelumnya tidak aku ketahui, ilmunya bener-bener banyak, lalu aku ketagihan buat nyari lagi yang kaitannya sama dan masih butuh buku-buku penunjang lainnya untuk lebih memahami 😍

Oiyaaa, kalo lagi nyari-nyari buku tentang pra-nikah salah satunya bisa baca buku ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *