cara-menulis-journaling

Usaha Mencintai Diri dan Hidup Melalui Self Discovery Journal

Menyelami diri lebih dalam untuk merefleksikan pikiran, perasaan,  pengalaman, dan mendapat wawasan yang lebih dalam tentang diri sendiri dan sekitar dengan melakukan journaling.

Saya telah menulis jurnal selama beberapa tahun, tetapi baru-baru ini saya mulai menyadari betapa penting dan bermanfaatnya melakukan journaling. Sekarang saya memprioritaskannya dalam rutinitas sehari-hari saya.

Buku “Self Discovery Journal” simple, biasanya saya Memberi tanda untuk poin-poinnya dengan balpoin warna pink atau biru.

Setiap malam pada pukul 21.00, saya menyisihkan 10 menit untuk buku harian, namun kalau malamnya berhalangan karena sebagai Ibu terkadang ada hal yang mendesak harus diutamakan, biasanya sih menggantinya di pagi hari. Teknik ini membantu saya untuk tetap konsisten dan menghindari menunda-nunda. Selama sesi journaling , biasanya fokus pada dua hal :

  • Bersyukur 

Saya mencatat satu hal yang disyukuri pada hari itu, latihan ini membantu saya fokus pada aspek-aspek positif dan keberkahan dalam hidup saya.

  • Belajar

Saya mengidentifikasi pelajaran atau hikmah yang bisa dipelajari pada hari itu, terkadang disadarkan juga melalui perenungan lewat menulis, dan biasanya jika ada masalah mencoba untuk mengidentifikasinya lewat journaling, alhamdulillah yaa dimudahkan menemukan solusinya. Disaat emosi juga belajar memproses emosi lebih relaks dengan menyampaikan perasaan-perasaan yang hadir di hari itu melalui journaling.

Journaling telah membantu saya belajar banyak tentang diri saya sendiri. Mengetahui beberapa kekuatan dan kelemahan diri, juga yang menjadi prioritas saya. Meskipun belum seluruhnya yaa, saya mengakui proses yang perlahan-lahan ini telah membantu. Selain itu journaling membantu saya mengidentifikasi hal apa saja yang mana perlu tumbuh, berkembang, dan membaik.

Ada kutipan menarik tentang belajar mengenal diri sendiri yang saya dapatkan dari status sosial media teman roommate saat kuliah dulu.

Seharusnya…

Kita lebih perlu menyayangi diri Kita sendiri dengan lebih baik. Dengan belajar mengenal diri sendiri.

Sibuk memperhatikan diri sendiri, agar pikiran Kita teralihkan dari memperhatikan orang lain.

Kita lupa, ada yang lebih penting untuk diajak bicara, dibincangkan tentang progress diri ya, Dan dipuji Kebaikan ya serta dicela keburukannya, tiada lain ya diri sendiri.

Seringkali waktu kita habis membicarakan orang lain sampai kita sendiri lupa bahwa yang dihisab adalah Perbuatan Dan Perkataan Kita sendiri. Bukan apa yang dilakukan orang lain yang sibuk kita bincangkan

-Mizati Dewi

Berikut beberapa manfaat utama yang saya alami dari journaling :

  • Peningkatan kesadaran diri: Melakukan journaling membantu lebih sadar tentang pikiran, perasaan, dan perilaku Kita.
  • Peningkatan regulasi emosi : Jurnaling bisa membantu kita memproses emosi dengan sehat. Ini juga dapat mengidentifikasi dan menantang pola berpikir negatif.
  • Journaling dapat menjadi media terapeutik (hal yang diarahkan dalam memfasilitasi penyembuhan pasien) untuk stress dan kecemasan.
  • Menuliskan pikiran dan perasaan kita dapat membantu memahami juga mendapatkan perspektif.
  • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam pemecahan masalah
  • Menambah wawasan juga terkadang mendapat solusi baru dengan mengeksplorasi pikiran dan ide-ide kita secara tertulis.
  • Membantu kita dalam mengidentifikasi hal yang apa yang perlu kita tingkatkan, sehingga sangat Membantu untuk bertumbuh.

Gimana kalian jadi tertarik untuk melakukan journaling? Jika ini pertamanya kamu melakukannya, bisa Coba lakukan ini yaa:

Pilih waktu dan tempat dimana kamu tidak akan terganggu, karena melakukan journaling ini sebaiknya dilakukan dengan fokus.

Tentukan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan journaling, bisa 5 -10 menit.

Nggak perlu khawatir dengan tata bahasa, di journaling tidak ada aturan, nggak harus sesuai EYD haha seriusan.. karena journaling ini hanya bisa kamu saja yang melihat dan membacanya, sifatnya pribadi yaa..

Mau menulis tentang pikiran, perasaan, pengalaman, mimpi, tujuan, apapun bebas deh pokoknya.

Melakukan journaling ini menurut saya, sangat membantu, jadi lebih memahami diri sendiri, mengelola emosi saya, dan perlahan mencapai tujuan. Jika kalian ingin menjalani kehidupan lebih tenang, saya merekomendasikan menulis journaling.

Tentukan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan journaling, bisa 5 -10 menit.

Nggak perlu khawatir dengan tata bahasa, di Jurnaling tidak ada aturan, nggak harus sesuai EYD, haha seriusan.. karena Jurnaling ini hanya bisa kamu saja yang melihat Dan membacanya, sifatnya pribadi yaa..

Mau menulis tentang pikiran, perasaan, pengalaman, mimpi, tujuan, apapun bebas yaa.

Melakukan journaling ini menurut saya, sangat Membantu yaa. Jadi lebih memahami diri sendiri, mengelola emosi saya, Dan perlahan mencapai tujuan saya. Jika kalian ingin menjalani kehidupan lebih tenang, saya merekomendasikan menulis journaling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *