KA Menoreh, Kereta Kelas Ekonomi dengan Harga Murah dan Fasilitas Oke!

Selasa, 26 November 2019. Saya ada acara di kawasan Jakarta Selatan, kali ini saya tidak menginap karena tidak dapat tumpangan dari kawan juga saya sedang menghemat biaya, jadi saya putuskan untuk langsung berpulang ke Semarang. Pulang pergi Semarang ke Jakarta itu perjalanan yang lumayan melelahkan karena kalau ditotal menjadi dua belas jam duduk di kereta api. Mulanya saya tak berminat untuk mengunjungi namun saat H-1 tiba-tiba berubah pikiran, akhirnya langsung pesan tiket berangkat dari Semarang ke Jakarta dan belum pesan tiket pulangnya, “gampang bisa diurus nanti” pikir saya.

Saya berangkat ke Jakarta naik kereta Majapahit pukul 03.40 WIB, saya kebagian tempat duduk paling belakang dan kereta paling belakang, bayangkan gimana rasanya, susah untuk tidur karena sering banget orang berlalu lalang membuka pintu. Saya tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 09.50 WIB. Seperti biasa langsung menghubungi abang ojol via aplikasi untuk menuju lokasi, saat ini kalau mau jalan-jalan atau ada agenda di luar kota enggak perlu cemas karena ada ojol yang membantu kita, yang terpenting kawasannya terdapat ojol, tanpa mereka pasti rasanya cemas kalau ke luar kota yang baru saja akan kamu pijak.

Usai agenda saya langsung bergegas mencari kereta atau bus yang menuju Semarang hari ini melalui aplikasi KAI Access, akhirnya dapat yang pemberangkatan pukul 19.15 WIB dari Stasiun Jakarta Kota, setelah cek di aplikasi masih banyak tempat duduk yang kosong dan saya urungkan untuk langsung memesan. Lalu, berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di Jalan Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Seperti biasanya pasti saya masuk di ruang koleksi Naskah. Waktu yang sangat cepat rasanya, pukul 17.00 saya langsung bergegas ke stasiun Jakarta Kota dan memesan tiket kereta on the spot dan dapat tiket Kereta Api Menoreh, seperti biasa saya pilih tempat duduk dekat dengan jendela.

Kali ini pengalaman pertama saya naik KA Menoreh dari stasiun Jakarta Kota menuju stasiun Tawang, walaupun sudah telat tapi enggak masalah yaa kalau saya ceritakan fasilitasnya yang oke bangetlah untuk kelas ekonomi Jakarta-Semarang. Kereta ini diluncurkan pada tahun 2014, KA Menoreh mampu menampung 80 penumpang per gerbong kereta, kereta api ini mulanya KA Fajar Utama Semarang kelas bisnis dengan rute Semarang Tawang-Pasar Senen PP namun akhirnya berganti KA Menoreh yang menjadi layanan kereta kelas Ekonomi AC plus dilansir Kompas.com.

Fasilitasnya oke bangetlah diantaranya; tempat duduk yang sangat nyaman yang mana kamu enggak duduk berhadapan (kecuali yang deretan tengah kursi nomor 11 dan 12) dan kaki kita bisa leluasa, ada tempat minum di depan kita jadi enggak perlu khawatir minuman tertukar, saklar listrik di masing-masing tempat duduk jadi tak perlu rebutan hingga empat orang, toilet yang ramah lingkungan, dan kondisi dalam kereta sangat bersih. Oh ya, KA Menoreh ini memang bagus fasilitasnya untuk kelas ekonomi, namun kamu harus tetap waspada jangan pilih kursi nomor 1 dan 24 soalnya kursi tersebut tidak tersedia jendela, jadi tidak bisa melihat pemandangan apapun.

Biaya pemberangkatan dari stasiun Jakarta Kota menuju Semarang Tawang cukup Rp 160.000,00 kamu bisa beristirahat di kereta dengan nyaman. Untuk jadwal pemberangkatan dari stasiun Jakarta Kota saat ini pukul 19.15 WIB, mungkin suatu saat akan berubah. Cek aja di jadwal KAI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *