drakor-daily-dose

Rekomendasi Drakor Mental Health, Daily Dose of Sunshine

Sudah lama beres nonton drama korea ini, tapi baru sempat mereviewnya. Bagus banget rekomendedlah pokoknya. Bagus yaa cuman saat nonton ini aku sempat nggak kuat, karena ada beberapa kasus yang relate denganku jadi triggering untukku sempat tidak berani melanjutkan “Nggak usah nonton lagi ah” rasanya tuh seperti kejadian di masa lalu diingatkan kembali, dikorek-korek lagi makin-makin merasakan perasaan sakit itu lagi. Lewat ini aku menyadari ternyata masih ada luka yang tertinggal yang belum aku maafkan dan selesaikan.

Drama ini bisa memicu perubahan energi dalam diri kita ketika lagi down, tapi kalau kamu lagi nggak ada masalah apapun, bisa mencoba nonton film ini.

Meskipun topiknya berat tentang penyakit mental, namun aku mudah terhubung dengan karakter utama. Apa yang terjadi di dalam serial drama ini dekat dengan kehidupan milenial yang bekerja keras, lelah tetapi berusaha, dan merasa cemas namun tetap berusaha dan bertahan. 

Berdasarkan Kisah Nyata

Daily Dose of Sunshine, ternyata adaptasi dari webtoon dengan judul yang serupa karya Lee Ha Ra. Kisah ini diangkat dari kisah nyata seorang perawat yang menuliskan ceritanya. Bedanya hanya pada represetasinya, di webtoon semua karakter direpresentasikan sebagai hewan antropomorfik sedangkan dalam drakornya memvisualisasikan pengalaman pasien yang berbeda-beda.

Pemeran utamanya bernama Jung Dae Eun, seorang perawat dalam yang dipindah ke poli kejiwaan. Di departemen yang baru, Daeun harus beradaptasi untuk menangani para pasien yang memiliki masalah kesehatan mental. Ia dikenal sebagai perawat psikiatri yang tulus dan dekat dengan pasien yang ditanganinya.

Penyajian Visualnya Menarik

Hal yang menarik dan membuatku melanjutkan untuk menontonnya adalah penyajian visualnya menarik untuk tema penyakit mental, karena buat orang yang belum pernah mengalami penyakit mental tertentu, kita tidak tahu apa yang ada dalam pikirannya. Bagi orang yang tidak mendalami, kita hanya tahu dan beranggapan yang dirasakan pusing, tidak stabil dan hilang akal. Mungkin juga karena kita tidak tahu yang sebenarnya ada dalam pikirannya, kita mudah menjustifikasi penderita dan beranggapan orang depresi pertanda kurang iman dan kelemahan spiritual.

Aku sudah dibuat jatuh hati sejak episode 1 dengan visual yang disajikan. Di drama korea ini diperlihatkan dengan gamblang pikiran pasien yang sedang depresi, pikiran orang yang mengalami bipolar. Ada satu adegan yang membuatku jadi paham kenapa orang gila kebanyakan telanjang. Kalau di drama ini divisualisasikan pasien manik yang biasa menelanjangi diri.

Karakter Lainnya yang Menarik

Rekan perawat Da-eun, Min Deul re seorang perawat yang pandai dalam pekerjaannya dan terlihat cekatan dalam pekerjaannya. Aku penasaran dengan karakter tokoh ini dimulai ketika dia menolak berkali-kali Hwang Yeo-hwan seorang dokter. Aku heran mengapa Min Deul re memiliki karakter rendah diri merasa tidak layak dicintai padahal yang terlihat dalam serial itu ia digambarkan sebagai sosok yang bertalenta diantara perawat lainnya, awalnya aku pikir ini hanya karena masalah perbedaan sosial mereka, tetapi ternyata Deul-re memiliki masalah rendah diri karena perlakuan ibunya.

Bisa Belajar Tentang Kesehatan Mental

Aku paling suka nonton drakor yang seperti ini, nonton sekaligus belajar. Lewat serial ini jadi tahu istilah-istilah diagnosis kesehatan mental yang belum aku ketahui dan ada yang sudah aku ketahui pun dijelaskan disini menjadi lebih rinci.

Pengidap Bipolar

Episode pertama ada kasus pasien perempuan yang mengidap Bipolar, dari drakor aku jadi tahu kalau Bipolar itu ada dua fase yaitu manik dan depresi. Seorang Bipolar akan mengalami peningkatan mood dan harga diri meningkat dan mudah bergaul, dan akan melepas pakaiannya karena itu bagian dari kebebasan. namun jika fase manik sudah selesai akan beralih ke depresi, pasien akan mengurung diri dan merenungkan kesalahannya. Jika ucapannya disangkal pengidap delusi bisa melakukan kekerasan.

Dalam kasus pasien Bipolar ini sebut saja Ri-na, dia Bipolar karena childhood trauma dari kecil hingga dewasa semua hal yang ia lakukan selalu didikte oleh ibunya. Dari mulai makanan, pakaian hingga kehidupan pernikahannya. Ia tak pernah jadi diri sendiri.

Demensia Palsu

Demensia palsu atau disebut Pseudodementia dialami oleh ibu pekerja Kwon Ju-yeong. Selain bekerja ia harus mengurus pekerjaan domestik dan memastikan anaknya terurus dengan baik, hingga ia mengalami Demensia yang membuatnya sering melupakan hal-hal kecil yang biasa dilakukan.

Setiap harinya kehidupannya didedikasikan untuk karir dan keluarga, hingga tidak memiliki waktu luang untuk dirinya dan tidak pernah memuji dirinya. Terlalu sibuk mengurus orang lain hingga lupa dengan diri sendiri.

” Jangan berjuang terlalu keras, Kau akan kesulitan. Meski sudah memberikan segalanya kau hanya memikirkan apa yang tak bisa kau berikan dan merasa bersalah. Demi kebahagiaan orang lain kau lupa kebahagiaanmu sendiri. Jika kau tak bahagia. Bagaimana kau membuat terdekatmu bahagia?”

“Kau seperti ibuku, ibuku juga sepertimu, menyuruhku membagikan kue beras di rumah sakit. Meski aku tahu itu semua demi diriku”

“Sebenarnya kami sadar bahwa ibu mencintai kami lebih dari siapapun Namun tahukah kau, kapan aku paling menyayangi ibuku? Saat ia percaya bahwa aku akan berhasil, dan menjagaku dari jauh.”

Dari serial drama ini juga jadi tahu ada terapi kognitif yang dilakukan dengan cara menulis jurnal pujian, merawat diri dengan baik.

Daily Dose of Sunshine, seri nyaman dan penyembuh yang menyajikan perjuangan pasien kesehatan mental. Semua karakter di serial ini ditampilkan dengan berbagai gejolak yang tidak kita lihat.

drakor-daily-dose-of-sunshine

1 tanggapan pada “Rekomendasi Drakor Mental Health, Daily Dose of Sunshine”

  1. Wow, wonderful blog layout! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make running a blog look easy. The full look of your site is
    excellent, let alone the content! You can see similar here najlepszy sklep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *