Lewat Kisah Novel Vegetarian by Han Kang

Tak Disangka Mimpi Mampu Menjempalit Kehidupan Keluarga

Koleksi Rumah buku Sanubari

Pagi ini disambut hujan lebat yang tak kunjung reda, ingin berkegiatan namun dinginnya serasa ada AC yang langsung nyetor menyentuh kulit, padahal di rumah ngga ada AC. Sejuk dan saatnya tarik selimut lagi, Ssst.. sesekali Gapapa kali.

Sayangnya, bukannya merem tapi kepala saya langsung bising. Jadi memilih untuk berkegiatan di dalam kamar, ambil novel “Vegetarian” sambil mengingat kisahnya tentang apa yaa. Saat membuka bab pertama mataku terbelalak, spontan saya bilang “Gilaaaak buku ini.”

Saya teringat buku ini pernah berhasil mengaduk semua emosi yang mengental dalam diri di tahun 2019. Bercerita tentang seorang wanita bernama Young Hye yang tiba-tiba menjadi vegetarian. Alasannya menjadi vegetarian sangat tidak masuk akal sehingga membuat suaminya dan keluarganya terkejut. Buku ini mencekam dan mengasyikan, Sebenarnya buku ini tidak begitu banyak membicarakan vegetarianisme; Namun membahas banyak hal dengan konflik psikologis yang mendalam dan unik.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian; Vegetarian, Tanda Lahir Kebiruan, dan Pohon Kembang Api. Masing-masing bab diceritakan dari sudut pandang orang yang berbeda. Bab pertama, diceritakan dari perspektif suaminya Hyeong-hye. Bagian kedua diambil dari sudut pandang In-hye, kakaknya Hyeong-hye, dan bagian ketiga diceritakan dari sudut kakak iparnya. Dari ketiga perspektif tersebut digambarkan bagaimana perasaan dan “struggle” mereka menghadapi Hyeong-hye, yang menjadi pusat cerita.

Menurut saya, novel ini gila keren banget. Saat mencoba menyelami lebih dalam ternyata ceritanya tentang kehidupan orang-orang yang secara sadar atau tidak mengalami gangguan mental. Kondisi itu pun tak hanya mempengaruhi kehidupan pribadi yang bersangkutan, tapi juga menyeret orang-orang terdekatnya masuk ke dalam kondisi yang kelam.

Bagaimana bisa seseorang bisa berubah hanya karena mimpi. Meski pernah denger “sebuah mimpi bisa merubah segalanya, bahkan kadang untuk sarana pengambilan keputusan.” Namun yang ini sungguh membuat tercengang. Seorang yang menjadi vegetarian karena mimpi yang mendatanginya, bahkan sampai mengubah sisi psikologinya dan orang terdekatnya.

Herannya saya masih belum tahu soal hadirnya mimpi buruk yang dialami Yeong Hye. Apakah iya tak ada tendensi apapun ? Apa ini bentuk akumulasi selama hidupnya ? Apakah ada hubungannya dengan pengalaman masa kecilnya semacam luka batin gitu? dengan ayahnya, ibunya, saudaranya, suaminya, atau ada hubungan dengan budaya atau kepercayaan ?

Apa jangan-jangan dia membaca deskripsi buku tentang jagal daging hewan? akhirnya terbawa mimpi dan engga tega untuk memakan daging, fufufu. Sepertinya sampai disini aja yaa, takut imajinasi saya terlalu liar mencari sebab hadir mimpi buruknya.

1 tanggapan pada “Lewat Kisah Novel Vegetarian by Han Kang”

  1. Pingback: Buku The Secret Rahasia By Rhonda Byne Tentang Apa? (Review Buku) - DIBALIK JENDELA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *