Perlengkapan-ibu-dan-bayi-saat melahirkan

Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Melengkapi perlengkapan dengan tepat sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi ibu dan bayi. Tentunya masing-masing keluarga memiliki kebutuhan dan pilihan yang berbeda. Misal yaa, kalau kamu memiliki prinsip sustainable memilih untuk tidak menggunakan diapers pada bayi.

Mulanya kami berencana memakai popok kain untuk bayi kami, hingga memiliki banyak popok kain dan saat di rumah sakit pun bawa semua popok kain, namun realita yang terjadi memakai diapers adalah pilihan yang tepat menyesuaikan kondisi kami, hehe. Nah, dari situ pun jadi tahu bahwa apa yang kami siapkan ternyata tidak sesuai dengan kondisi. Jadi memang sebaiknya direncanakan lebih matang, daripada jadi mubazir, karena dari pengalamanku yang terkadang nggak kepikiran dengan perlengkapan A eh ternyata perlengkapan yang penting banget.

Berapa Bulan Mulai Belanja Perlengkapan Bayi

Dari pengalaman yang aku alami, mendingan sih saat memasuki trimester ke 3, usia kandungan 33 minggu. Rencanakan dulu dengan matang, mulai menyicil beberapa perlengkapan yang penting banget dan sulit ditemukan di toko. Tahan keinginan berbelanja berlebihan karena biasanya juga orang-orang terdekat juga memberikan kado perlengkapan bayi dan menawarkan perlengkapan bayi yang pernah dipakai. Sebaiknya jangan mepet dengan HPL, hahaha yang ada pikiran jadi riuh apalagi disaat suami tiba-tiba sibuk banget. Nggak lucu sih bayi lahir tapi belum punya perlengkapan untuknya.

Perlengkapan Ibu dan Bayi yang Perlu DiSiapkan

Perbajuan

  • Popok kain (Menyesuaikan nantinya pakai diapers atau tidak, kalau tidak sebaiknya menyiapkan 3 lusin)
  • Baju lengan pendek
  • Baju lengan panjang
  • Kaos dalam (1 lusin)
  • Topi (3 pcs)
  • Kaos kaki dan sarung tangan (6 pcs)
  • Kain bedong (9 pcs)
  • Alas ompol (kain yang bergaris-garis yang tebal)
  • Perlak wonderpad
  • Washlap (Siapkan 2 aja cukup)
  • Baju Jumper (siapkan 3 aja, biasanya dipakai saat tidur saja atau pergi)

Note : Beli bajunya yang bisa dipakai hingga usia 3 bulan.

Perlengkapan Tidur

  • Bantal anti peyang
  • Kelambu/ kojong tarik
  • Kasur alas tidur bayi
  • Selimut
  • Bantal menyusui ( Kalau aku memilih pakai bantal biasa, kebetulan ada bantal yang tidak terlalu melembung)

Perlengkapan Mandi

  • Sabun bayi 2in1 ( yang sekaligus shampoo)
  • Minyak telon
  • Minyak zaitun (buat mencegah ruam popok, menghaluskan kulit, bisa untuk memijat)
  • Bak bayi
  • Jaring bak mandi anti tenggelam ( sangat membantu banget haha, apalagi saat anakku usia 2 bulan dia mulai main air kakinya digerakkan gitu kayak lagi renang, masyaAllah Tabarakallah. )
  • Handuk bayi (3 pcs)
  • Cotton buds
  • Sisir bayi

Perlengkapan lain

  • Tas perlengkapan bayi (Ini sebenarnya bisa pakai tas biasa)
  • Bottle Dot Silikon (anti kembung)
  • Gendongan bayi Wrap Instan 2in1
  • Kantong asi
  • Deterjen bayi
  • Bottle cleanser
  • Jemuran baju bayi (kalau kamu nggak pakai diapers beli 2 jemuran ya)
  • Swadel knit / sleeping bag (bisa jadi pengganti selimut dan bedong juga dipakai saat bepergian)
  • Perlengkapan manicure
  • Sabun bayi yang batangan (mempermudah saat mencuci pup bayi)
  • Diapers new born size
  • Penutup mata untuk berjemur
  • Skincare bayi ( Sun cream dari Mongdies)
  • Stroller (Sangat membantu untukku, jadi selain bisa untuk berjemur juga saat di dalam rumah bisa dibawa kemana-mana saat aku memasak, makan dan bersih-bersih rumah, dan bersantai ). Jadi bayi nggak di kamar terus menerus.
  • Kapas
  • Tisu basah
  • Kain kassa (untuk membersihkan pusar dan lidahnya)
  • Sikat lidah

Perlengkapan Ibu

  • Gerito untuk ibu (lumayan membantu pasca melahirkan membuat jalan kita jadi nggak membungkuk)
  • Apron Menyusui
  • Breast pump
  • Pembalut Nifas
  • Daster busui
  • Asi Booster

Beragam perlengkapan bayi dan Ibu yang sebaiknya disiapkan dengan matang supaya meminimalisir barang yang tidak terpakai yaa. Lalu, kalau perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di Rumah Sakit yang paling penting saja, misalnya.

Perlengkapan saat melahirkan di Rumah sakit :

Perlengkapan ibu

  • Kartu identitas ( Fotokopi KK, KTP Ibu )
  • Kartu asuransi
  • Buku KIA
  • Pakaian ganti yang Busui ( 4 Homedress)
  • Bra Busui dan daleman (4 saja)
  • Pembalut Maternity ( 1 bungkus)
  • Diapers dewasa (saat itu aku pakai diapers 3 hari karena darah nifasnya cukup banyak).
  • Perlengkapan mandi.
  • Bantal
  • Barang yang membuat nyaman : pemutar musik, tasbih.
  • Sandal
  • Charger
  • Snack yang disukai
  • Gerito ibu
  • Skincare
  • Shampoo semprot
  • Minyak kayu putih
  • Tas kosong untuk pakaian kotor
  • Korset postpartum

Perlengkapan bayi

  • Popok bayi
  • Baju bayi
  • Bedong
  • Kaos dalam
  • Topi bayi
  • Bantal
  • Guling
  • Tisu basah
  • perlak wonderpad
  • Bottle Dot Silikon
  • Sarung tangan dan kaos kaki
  • Minyak telon
  • Cutton buds
  • Minyak zaitun
  • Diapers New born size.

Kamu juga bisa membaca list yang sudah aku buat beserta link tokonya, klik link berikut yaa

https://www.notion.so/13d20d5391fd4cc7b2d1518027534ce6?v=760d470574124ca5ae18732f1b24335e&pvs=4

Dalam daftar ini, aku sudah mencantumkan beberapa perlengkapan penting yang perlu kamu siapkan sebelum kelahiran bayi. Pastikan untuk memilih perlengkapan yang aman, nyaman, dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan menjadi orangtua baru!

29 tanggapan pada “Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir”

  1. aku donk pas punya anak dulu bener2 buta jadi semua di beli, taunya banyak banget yang ga kepake, karena ga penting2 amat, nyesel dl jaman internet nggak secanggih ini jadi aku ga tau yang mana yang wajib punya apa nggak kayak yang mbak sharing disini hahaa

  2. Udah lama banget ya Allah ga nyiapin beginian, hhehehe. Dulu kalau mau lahiran semangat 45 banget dr usia 6-7 bulan tuh udah mulai koleksi baju dan perlengkapan bayi, dan makin ga sabar deh lahiran kalau perlengkapan bayi udah kumpul semuanya

  3. Bisa dicicil juga ya menyiapkannya.
    Insya Allah saat tiba di fase tersebut, daku bakalan siap karena sudah ada bekalnya dengan membaca artikel ini hehe.

  4. Wah pas banget nih ada sahabat yg sedang mempersiapkan persalinan nya.. Izin kuteruskan artikel ini padanya yaa.. Terima kasih..

  5. Jadi kangen masa-masa menyiapkan kebutuhan pernak-pernik menyambut kelahiran.
    Beli secukup dan yang diperlukan aja ya, karena debay cepat banget pertumbuhannya.

  6. Jadi inget dulu pernah bikin list begini. Baru ngelist aja rasanya udah bahagia banget. Makin bahagia saat belanjanya ahhaha. Kangen juga masa-masa menyusun daftar ini.

  7. Kalau liat-liat list di atas jadi keinget pas persiapan lahiran, dan kepikir beli baju apa yaa. Lahiran 4 tahun lalu dan mau lahiran lagi misal 4 tahun kemudian juga kadang suka lupa apa aja yang prioritas dibeli dan apa yang mesti dibawa pas lahiran jadi kudu cek-cek lagi. Hihii makasih rekomendasinya mba bisa list dan sekaligus mampir ke tokonya

  8. Persiapan melahirkan sebaiknya dicicil jauh2 hari ya mbak supaya saatnya mau melahirkan tidak ada perlengkapan yang ketinggalan. Duh kebayang aku dulu melahirkan di luar pulau jauh dari ortu dan hanya ditemani suami, rasanya kelabakan banget.

  9. Inget awal hamil, aku persiapakan semua perlengkapan melahirkan sejak usia kandungan 7bulan, dan dicatat semua. Tapi setelah anak berikutnua semua aku siapkan dari awal biar saat perut membesar sekali gak capek wara wiri

  10. Seru ya ngumpulin semua kebutuhan ini. Dan emang ga lucu plus auto bikin panik kalau pas lagi dibutuhin malah persediaan popok atau baju udah abis karena belum kering dari jemuran. Soal kalap belanja itu pun bisa berlaku pas belanja baju terutama lihat mode yang lucu-lucu hihihi

  11. Jadi ingat masa-masa hunting pakaian bayi deh hehe….saat yang menyenangkan dan penuh semangat apalagi saat anak pertama. Tapi anak selanjutnya juga tetap semangat dan disyukuri 😀

  12. Terkadang tuh kita ingat hanya keperluan baby aja lupa untuk keperluan ibunya juga padahal itu nggak kalah penting sama keperluan baby, terkadang masih suka di sini kan tuh perlengkapan bayi kadang suka nurun

  13. Penting banget nih persiapan buat persalinan, secukupnyaa buat si baby begituun ibunya agar memudahkan dan ga bikin panik pas lahiran yang butuh ini itunya dan yang terpenting ga lupa menyiapkan mentak si ibunya untuk lahiran.

  14. kalau sudah mendekati HPL udah pasti kita siap harus semuanya ya, apalagi list untuk persiapan lahiran. Ini bantu banget biar ga ada yang terlewat. Aku juga dulu dari jauh hari udah bikin daftar waktu mau persalinan, jadi pas kerasa langsung satset. Siapkan mental, fisik, dan semua pendukungnya.

  15. Terima kasih ceklist perlengkapan Ibu dan bayi yang baru lahir.
    Karena pastinya ada banyak yang harus dibeli dan dipersiapkan agar gak ada ceklist yang kurang, tentunya persiapan harus teliti.
    Sampai ke isi tas yang dibawa saat melahirkan ini juga penting diperhatikan.

  16. banyak yaa perlengkapan ibu dan bayi baru lahir ini. Saat anak pertama dulu, perlengkapan bayiku lengkap banget bahkan ada yang tidak terpakai tapi setelah anak kedua dan ketiga sudah mulai santai dan belinya yang penting-penting aja dan yang pasti akan terpakai

  17. Duh jadi inget masa saat akan melahirkan, sejak anak ke-1 hingga anak ke-4. Pastinya ya banyak banget nih kebutuhan ibu dan anak ini. Semoga tulisan ini bisa dibaca para ibu yang akan melahirkan. Supaya bisa siapkan segala kebutuhan secara cukup. 🙂

  18. Hi there,

    We run an Instagram growth service, which increases your number of followers safely and practically.

    We aim to gain you 400-1200+ real human followers per month, with all actions safe as they are made manually (no bots).

    The price is just $60 (USD) per month, and we can start immediately.

    Let me know if you wish to see some of our previous work.

    Kind Regards,
    Libby

  19. Hi there,

    We run an Instagram growth service, which increases your number of followers both safely and practically.

    – Guaranteed: We guarantee to gain you 300-1000+ followers per month.
    – Real, human followers: People follow you because they are interested in your business or niche.
    – Safe: All actions are made manually. We do not use any bots.

    The price is just $60 (USD) per month, and we can start immediately.

    If you are interested, and have any questions, reply back and we can discuss further.

    Kind Regards,
    Megan

  20. Проблема личности в психологии кратко.

    Разноплановость в патопсихологии.
    Зеленый цвет в одежде психология женщины.
    Как позитивно мыслить. Как одним словом назвать совокупность качеств человека которые приобретаются
    им в процессе жизни. По важней.

  21. Виды информации по способу восприятия.

    Синоним творческая. Человек со своими социально обусловленными и индивидуально выраженными качествами это. 16personalities com на русском тест. Определить тип темперамента тест онлайн бесплатно.
    Базыма б а психология цвета теория и практика.

    Понятие восприятие. Составьте по схеме текст об особенностях и целях речевого общения 4 класс.

  22. Сочинение на тему что такое личность 9
    класс. Сформулируйте и запишите понятие философская
    энциклопедия определяет 1 личность 2
    личность. Что относится к познавательным функциям высшей нервной деятельности человека. Вакансии онлайн психолог. Дизайнер вакансии челябинск.
    Экспериментальная психология это наука изучающая.
    Сообщение пример сильной личности 6
    класс по обществознанию. Физиологические основы восприятия.

  23. Учение о типах личности на основе работ
    юнга. Sakinorva test mbti. Тест мбти 16. Фильм фотография на память. Анализ
    это егэ обществознание. И человек и животное обществознание.
    2023 кино. Человека как индивидуальность характеризует.

  24. Соловьев последний выпуск
    смотреть бесплатно. Владимир соловьев последний выпуск эфир. Вечер с
    владимиром соловьевым сегодня смотреть бесплатно.
    Вечер соловьев последний выпуск.

    Вечер с соловьевым последний выпуск смотреть
    онлайн бесплатно без рекламы.

  25. Wow, awesome weblog structure! How long have you
    been running a blog for? you make blogging glance easy.
    The overall glance of your web site is fantastic, let alone the content material!
    You can see similar here sklep internetowy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *