Bayi-susah-BAB

Atasi Sembelit Bayi, Susah BAB

Saya cerita dari awal yaa, karena ini penting jadi harus ditulis di blog biar bisa baca ulangnya lebih mudah dan berbagi pengalaman mengasuh bayi. 

Bulan Agustus lalu, Mid mengalami sembelit. Saat itu sih sepertinya usianya masih 2 bulan dan kondisinya dia waktu itu minum Asi sama Sufor.

“Kok bisa sembelit sih? karena apa? kamu makan apa saat itu? makan sambal ya?” rentetan pertanyaan yang tertuju pada saya. Mungkin ini ya yang banyak orang bilang apapun yang terjadi pada anak, ibunya pun berperan di dalamnya. Mungkin hal ini yaa yang terkadang terkesan seperti menyalahkan, tenang bun mereka hanya bertanya saja kok.

Saat itu sih aku puasa nggak makan sambal, makan sambal tuh baru-baru ini dan waktu itu pun tidak dalam porsi seperti biasanya. Jadi, setelah itu mencari tahu referensi dan bertanya Mba Della, Bidan yang sekarang membuka treatment de llariz Mom, Kids & Baby care.

“Mbak Della, ini Mid tak kunjung keluar BAB selama dua hari ini, kalau seperti ini sebaiknya bagaimana?” tanya saya.

“Masih aman mba, coba Pijat ILU saja sama senam kaki ditekuk arah perut.”

Pijat ILU

Sudah tahu belum pijat ILU itu apa? kalau ILU itu kepanjangan dari I Love You, untuk manfaatnya pijat ini bisa mengeluarkan gas di dalam perut si bayi dan kalau dilakukan rutin pijat ini bisa mempererat ikatan ibu dengan bayinya. 

Penerapan Pijat ILU

Cara memijat ILU ini dimulai dari sisi kiri perut dengan membuat huruf “I” dari atas ke bawah perut. Selanjutnya, buat huruf “L” terbalik dimulai dari sisi perut kiri bagian atas, lalu bergerak ke sisi kanan bawah. Langkah terakhir, buat hurut “U” terbalik dari sisi kiri bawah ke sisi kanan bawah. Tekanannya tidak perlu yang kuat, kalau biasanya saya melakukannya setelah memandikannya namun intensitas waktunya bukan yang setiap hari sih, sambil membacakan ayat kursi dan memberikannya tawa supaya dia merasa nyaman. Seiring waktu Mid bertumbuh, apalagi sekarang mau memasuki usia 6 bulan gerakannya semakin aktif jadinya sulit untuk dipijat.

Tips itu juga sudah saya coba, namun tak kunjung keluar BAB. Saya makin khawatir hingga melakukan berbagai saran yang diberikan saudara. Minum obat mag, minum herbal pereda kembung dari HPAI, makan pepaya, pisang dan makanan lainnya yang berserat.

Hingga 4 hari tak kunjung keluar, lalu mendapatkan informasi dari Dokter Anak. Beliau membagikan tips cara mengatasi sembelit untuk anak usia kurang 1 tahun dan lebih dari 1 tahun.

Anak Usia kurang dari 1 Tahun

Khusus usia kurang dari 1 tahun, dibuktikan dulu ada obstruksi atau tidak. Obstruksi itu apa sih? Obstruksi di dalam KBBI memiliki arti sumbatan, rintangan (cairan yang tidak dapat mengalir atau bergerak di saluran, seperti adanya batu di dalam empedu, adanya lumpur di pipa air). Nah, apabila masih dalam batas normal, bisa melakukan “toilet training” dengan cara menekuk lutut bayi ke dada, mirip dengan posisi jongkok supaya memudahkan pengeluaran tinja.

Anak Usia Lebih dari 1 Tahun

Bagi anak usia lebih dari 1 tahun, bisa melakukan diet dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang berserat, contohnya sayur kangkung, bayam. Selanjutnya melakukan toilet training, nah apabila semua yang dilakukan belum juga berhasil bisa melakukan tindakan terapi dengan menggunakan Lavtulac.

Nah, saya yakin sih banyak yang sebetulnya belum tahu tentang hal ini, terutama ibu baru yaa. Kalau sudah melakukan ini namun tak kunjung BAB, Konsultasikan pada dokter tentang keluhan ini, barangkali ada hal yang tidak kita ketahui ya moms. Semangat menikmati proses belajar ini yaaa.

5 tanggapan pada “Atasi Sembelit Bayi, Susah BAB”

  1. Wow, superb weblog structure! How long have you been running a blog for?
    you made blogging look easy. The entire glance of your web
    site is fantastic, let alone the content material! You can see similar here ecommerce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *