Skincare-aman-untuk-bumil

Apakah Bumil Dilarang Pakai Skincare dan Make up?

Dilema mau pakai skincare atau tidak saat hamil, sudah menjadi problematika tersendiri yaa bagi semua Bumil yang sedang di fase ini. Mayoritas bingung mau pakai skincare apa saat hamil, ditambah dengan larangan-larangan yang diungkapkan orang tua, saudara dan banyak orang hingga ada beberapa suami yang turut melarang karena rasa khawatirnya. Sebenarnya tergantung kita sendiri sih menerima sarannya tanpa mencari tahu terlebih dulu opsi-opsi yang bisa kita lakukan, atau tetap kritis untuk mencari tahu detail informasinya.

Nah, kali ini aku bakal cerita rangkaian skincare selama hamil, aku sendiri bukan expert atau apapun ya, melainkan hanya ingin berbagi dan perlu diketahui juga bahwa kondisi kulit dan kehamilan setiap orang berbeda-beda. Kalau aku sendiri memutuskan untuk tetap memakai skincare saat hamil karena ternyata banyak terjadi perubahan-perubahan fisiologis pada kulit misalnya kulitku jadi kering parah padahal sebelumnya kulitku ngga sekering selama hamil, lalu ada bagian yang mengelupas, kusam, timbul jerawat, gimana yaa semenjak aku ngga memakai skincare yang biasa dipakai, kecuali facial wash, toner, sunscreen, dan coconut oil, efeknya jadi begitu. Dan akhirnya aku konsultasi dengan bidan, mencari informasi detail seputar kandungan skincare apa saja yang aman dan harus dihindari.

Penasaran apa saja sih kandungan skincarenya? Dan produk apa saja yang aku pakai? baiklah ini aku ceritakan yaa pengalamanku.

Pernah membaca artikel yang isinya pendapatnya Dr Boyke, jadi beliau menjelaskan bahwa perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan, ibu hamil dan menyusui perlu menghindari produk skincare yang mengandung hydroquinone, merkuri, retinol, AHA/BHA dan paraben. Dr Boyke mengatakan bahwa penggunaan produk dengan bahan-bahan itu dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayinya.

Bumil Apa Boleh Pakai Retinol?
Dr Nadia Wirantara dalam instagramnya menyatakan bahwa untuk ibu hamil tidak disarankan menggunakanretinol, karena bentuk oralnya terbukti membuat cacat janin untuk busui boleh, karena sudah tidak berisiko cacat janin.

Bumil Pakai Chemical Sunscreen
Chemical sunscreen untuk ibu hamil masih area abu-abu tidak ada guideline boleh atau tidaknya. UV filter organic/ chemical (avobenzone bukan semua chemical fitter) ditemukan membuat toksisitas pada penelitian ke tikus (oral intake dosis besar), ungkap Dr Nadia Wirantara dalam Instagramnya.

Penetrasi sunscreen ke dalam kulit pasti terhalang skinbarier ya, tapi beberapa penelitian menunjukkan pemakaian dalam jumlah banyak (seluruh tubuh reapply per 2 jam alias > 30gr sekali pakai ) ada trace of UV filter yang terdeteksi di darah masih tidak bermasalah. Butuh dosis dalam chemical ss belum terbukti membuat efek buruk ke manusia maupun bumil/busui. Jadi bumil/busui bisa pakai sunscreen apa dong? kalau ada pilihan physical sunscreen yang enak pilih physical sun screen aja.

Kandungan skincare khusus Bumil yang aman itu seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid), asam glikolat atau asam laknat, asam azelat, eritromisin, dan klinlamisin khusus yang berjerawat bisa pakai obat jerawat yang ada kandungan antibiotik, terutama yang mengandung sefalosporin.

Skincare aman untuk bumil dan busui.

Memilih Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA +++

Tertarik dengan kandungan bahan utamanya Habbatus Sauda dan Oxywhite, jadi penasaran seperti apa efeknya dimukaku, terus yang aku suka produk ini bebas alkohol, tidak mengandung paraben ( berpotensi mengandung racun, tidak mengandung fragrance & essential oil yang dapat memicu alergi, bebas SLS (tidak mengandung zat sulfat) dan tidak ada kandungan retinolnya, aman banget buat ibu hamil. Habbatussaudanya sendiri sejak dulu dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit dan kandungan antioksidan yang terkandung dalam Habbatussauda ini membantu melindungi kulit agar tetap sehat dan cerah. Kemudian, untuk kandungan Oxywhite bisa membantu membebaskan oksigen tambahan ke dalam kulit yang menjadikan kulit tampak lebih segar.

Safi White Expert Illuminating Day Cream ini teksturnya creamy jadi mudah untuk diratakan, terasa ringan di mukaku bukan yang lengket gitu. Hasilnya pun setelah pakai bikin bright look after pemakaian 2 bulan hingga kini pun masih pakai, sebenarnya waktu awal-awal terheran-heran sih soalnya setelah mukaku diolesin seperti keluar air dari pori-pori muka, cocoklah untuk pecinta dewy finish ala-ala.

Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion

skincare-aman-untuk-bumil
skincare-aman-untuk-bumil
Teksturnya yang thick mempermudah daya serapnya ke kulit.

Setelah pencarian berbagai macam referensi, akhirnya menemukannya. Produk yang aman bagi pemilik kulit sensitif seperti yang kualami kali ini. Produk Hada Labo ini kandungannya bebas dari alkohol, mineral air dan pewarna. Saat memakainya terasa soothing dan licin di kulit. Recommanded buat yang punya kulit kering yang kadang mengelupas juga, meski teksturnya yang thick daya serapnya cukup baik sih, jadi setelah menggunakan produk ini wajah rasanya lembap banget tapi gak yang bikin gerah atau greasy setelah memakainya. Aromanya juga gak aneh-aneh dan menusuk hidung, soalnya emang no fragrance. Bakalan jadi toner andalan sih, harganya yang affordable banget, juga kandungannya yang tidak mengandung paraben, fragrance, dan alkohol.

Kena Racun Viral Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Serum

skincare-aman-untuk-bumil

Booming banget yaa Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Serum, aku pun kena efeknya yang akhirnya jadi penasaran pengen nyobain. Eitss… meski pengen merasakan benefitnya buat muka, aku tetap mencari tahu kandungannya ada apa saja, bahayakah untuk ibu hamil dan busui. Selama di fase ini aku jadi waspada banget dalam pilih-pilih skincare. Khusus serum ini aku memakainya saat di malam hari. Produk ini packagingnya pump jadi higienis banget dan tetap travel friendly, teksturnya milky lotion gak bikin lengket atau greasy sama sekali. Lalu, memberi effect soothing yang benar-benar kilat, setelah mencoba hingga sebulanan kemerahan dan beruntusan di muka perlahan mereda, dari referensi yang saya baca kandungan Centella Asiatica yang membantu menenangkan dan mempercepat penyembuhan kulit. Bener-bener rekomendasi apalagi saat kulit sedang rewel banget, bruntusan, atau mengalami redness.

Baca juga : https://dibalikjendela.com/review-my-holy-grail-skincare-routine-avoskin-miraculous-retinol-ampoule-toner/ )

Nah itu dia beberapa skincare yang aku gunakan selama hamil, rata-rata produknya banyak kandungan yang melembabkan karena kulitku sendiri pun selama hamil kering banget. Berbanding terbalik dengan kulit sebelum hamil yang cenderung berminyak. Plus memang skincare untuk ibu hamil biasanya memang disarankan ke produk-produk yang sifatnya moisturizing, soothing & calming sensitive sih.

Buat yang penasaran make-up yang aku pakai saat hamil, aku tetap pakai make-up yang sudah ada bahkan juga pakai makeup bonus dari event dan review produk karena make-up di rancang untuk melapisi kulit & tidak masuk ke dalam kulit. Namun untuk intensitas menggunakan make-up selama hamil ini cukup aku kurangi dan kalau mau jalan atau hangout biasa paling cuma pakai bedak, lipmatte, maskara dan eyebrow yang pasti tidak akan lupa hehe~

Sekian postingan kali ini, semoga bisa jadi referensi untuk kalian yang sedang hamil dan memilih skincare. See you on my next posting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *